Ratusan Makam Tergusur Proyek Tol Desari

0
Prosesi pemindahan jenazah di tempat pemakaman umum (TPU) Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok.

godepok – Akibat terkena imbas proyek Tol Depok-Antasari atau yang biasa disebut Tol Desari ratusan jenazah di area tempat pemakaman umum (TPU) Kumpi Saribah, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok terpaksa dipindah ke lokasi lahan kosong di sebelah utara tidak jauh dari tempat semula.

Camat Limo, Herry Restu Gumelar, sampai saat ini tercatat sudah sekitar 538 jenazah yang dipindah kelokasi yang baru lantaran lokasi yang lama digunakan sebagai jalur Tol,”ujar Herry kepada godepok.

Jumlah tersebut, kata Herry masih terus akan bertambah mengingat jumlah makam di TPU tersebut cukup banyak, namun dirinya tidak terlalu mengetahui berapa jumlah pastinya.

“Untuk jumlah pasti secara keseluruhan bisa langsung tanya ke penjaga makam di TPU tersebut, namun untuk pemindahan jenazah tersebut dijadwalkan sampai 2 Oktober selesai dikerjakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Panitia penyelenggara pemindahan makam TPU Saribah Ni’an Darmawan mengatakan, pemindahan ratusan makam telah melalui persetujuan seluruh ahli waris dan pada saat pelaksanaannya pun pemindahan dilakukan layaknya pelaksanaan penguburan awal.

“Prosesi pemindahan makam berjalan lancar dan tidak ada kendala semoga kondisi seperti ini dapat terjaga hingga semua makam rampung dipindahkan, ” katanya.

Untuk memudahkan ahli waris melakukan ziarah, lanjutnya, pihaknya melakukan pemindahan dilokasi yang tidak jauh dari tempat makam sebelumnya dan pelaksanaan pemindahan disaksikan oleh keluarga ahli kubur.

“Semua perwakilan ahli kubur diundang untuk menyaksikan pemindahan makam jadi tidak ada masalah sama sekali,” tandasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here