Setya Novanto dikembalikan ke Lapas Sukamiskin karena dinilai berperilaku baik

0
4

godepok-Nasional. Selama sebulan Setya Novanto menjalani karantina di Rutan Gunung Sindur Bogor Jawa Barat, SetNov memperlihatkan berkelakuan baik sehingga dikembalikan ke Lapas Suka Miskin Bandung.q

Setya Novanto sempat dipindahkan ke rutan Gunung Sindur, Bogor karena membandel dengan kembali menyalahgunakan izin berobat pada (14/6). Alih-alih kembali ke rutan, ia malah mampir ke toko bahan bangunan. Di sana, ia ternyata juga berjumpa dengan istrinya, Deisti Astriani Tagor. Hal itu nyatanya terekam kamera.

Sebelumnya, Novanto juga pernah diketahui makan di rumah makan Padang di depan RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Padahal, ia mengaku memiliki banyak penyakit di dalam tubuhnya. 

Menkum HAM Yasonna Laoly akhirnya memindahkan Novanto ke rutan Gunung Sindur. Tujuannya untuk membuat ia jera. Namun, baru satu bulan, ia sudah dikembalikan lagi ke Lapas Sukamiskin. Lalu, apa yang menjadi pertimbangan Kemenkum HAM memulangkan Novanto ke lapas di Bandung itu?

“Yang bersangkutan menunjukkan perubahan perilaku baik selama di dalam rutan. Perilaku baik ini dinilai dari assessment oleh assessor yang berasal dari Bapas Bogor. Mereka menyimpulkan satu keputusan bahwa yang bersangkutan bisa dipindahkan ke Lapas Sukamiskin,” ujar Kepala Lapas Sukamiskin Tejo Harwanto pada (16/7) di Bandung kepada media. 

Selain itu, katanya lagi, Novanto berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. 

“Dulu kan kesalahannya karena tidak ditempel pengawalan. Besok-besok sudah berubah,” kata dia. (bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here