Siswa MTsN 5 Gunungkidul Ikuti Pelatihan Jurnalistik

0

 

godepok-Gunungkidul, Puluhan siswa MTsN 5 Gunungkidul (Matsalim GK) ikuti pelatihan dasar jurnalistik. Dalam pelatihan jurnalistik ini menghadirkan pemateri Wahyu Adi Putranto, seorang wartawan media online. Jum’at, (9/4).

Kegiatan yang diinisiasi oleh pengurus Perpustakaan Desa “Indika” Kalurahan Sambirejo, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul itu diikuti oleh puluhan siswa tingkat SMP/MTs dan SMA/K wilayah setempat. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Wahyu menyampaikan bahwa jurnalistik berkaitan dengan penyampaian fakta untuk menunjukkan sebuah informasi maupun untuk menawarkan solusi.

“Bergelut di dunia jurnalistik adalah tantangan. Salah satu modalnya adalah sifat kepo,” kata Wahyu.

Tak hanya memberikan materi jurnalistik, Wahyu juga berpesan kepada para peserta pelatihan agar berhati-hati dalam mengunakan media sosial yang sedang marak di era digital ini.

Ia juga menyampaikan agar peserta dapat memanfaatkan teknologi smartphone dalam menghasilkan sebuah karya.

“Semua serba digital, jadi kawan-kawan harus dapat mengunakan smartphone atau android kalian seefisien mungkin dan dengan smartphone kalian harus dapat menghasilkan sebuah karya, apakah karya jurnalistik maupun video pendek,” imbuh Wahyu.

Dengan gaya santai dan humoris, Wahyu mampu menarik perhatian peserta. Selama kegiatan, siswa MTsN 5 Gunungkidul nampak terpukau atas pelatihan ini.

Risma, seorang siswi mengatakan bahwa ia sangat terinspirasi untuk membuka wawasan dan membuat tulisan berita.

“Dengan mengikuti pelatihan jurnalistik ini bisa menambah wawasan saya, bagaimana menulis berita yang baik dan juga saya mendapatkan pelajaran bagaimana menggunakan sosial media yang benar,” kata Risma

Kegiatan pelatihan jurnalistik di lanjutkan dengan diskusi santai dan di tutup dengan berfoto bersama.(ris/nin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here