Ssstt… Ini Rahasia Teguh Pecahkan Rekor Paling Irit

0
69

godepok-Otomotif, — PT Honda Prospect Motor kembali menggelar acara “Mobilio Joyful Weekend” yang memasuki seri kedua dengan menempuh jarak 60 km dari Jakarta ke Taman Budaya Sentul, Bogor.

Sementara yang berhasil memecahkan rekor terbaik dalam ajang adu irit dalam event adalah Teguh Irmansyah yang merupakan anggota Klub Mobility Depok dan juga owner dari bengkel TM Speed dengan level 31,5 km/per liter.

Ketika ditanya Apa rahasia di balik kemampuannya berkendara dengan tingkat efisiensi 31,5 km per liter tersebut,Teguh Irmansyah mengatakan bahwa dirinya bersedia membeberkan trik terkait hal tersebut.

” Pertama Stabil, jadi untuk menjaga kestabilan berkendara harus dilakukan dengan menjaga laju yang konstan, tidak ngegas atau ngerem secara tiba-tiba. Harus smooth,” katanya.

Kemudian, kata Teguh, RPM dijaga di bawah 2.000, dan lebih banyak konstan di level 1.400 dan untuk dapat melakukan hal tersebut, driver juga harus mempelajari rute dan kontur jalan yang dilalui sehingga mengetahui jalan menanjak atau turun. Kapan deselerasi dan kapan harus berakselerasi.

” Rentang kecepatan juga harus dijaga rata-rata 40 km per jam sampai dengan 60 km per jam. Hindari kemacetan. Karenanya harus melibatkan tim yang memberi tahu kondisi jalan, dan mencarikan jalan keluar serta teknologi map, untuk membuat perencanaan,” terangnya.

Setelah itu, lanjut Teguh, AC dimatikan dan meminimalisir jumlah penumpang, karena penggunaan elektrik serta beban kendaraan sangat berpengaruh dengan konsumsi bahan bakar. Selain itu, kondisi mesin, jenis bahan bakar dan tekanan ban juga ikut berpengaruh.

” Kunci yang tidak kalah penting adalah kondisi mobil yang prima. Ini berkat disiplin perawatan, terutama untuk menjaga kondisi mesin bersih. Selain bahan bakar berkualitas, mesin yang prima membutuhkan pelumas yang bagus,” tandasnya.(win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here