Tak Ada Lagi Camat Dan Kepala Desa Di Gunungkidul

0
35

godepok-SeputarDepok. Merujuk pada undang-undang keistimewaan tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan No 13 tahun 2012 Hari ini Kamis (11/6/2020) Kecamatan Ngawen yang telah berubah penyebutannya menjadi Kapanewon Ngawen melakukan pelantikan perubahan nama dari Kepala Desa menjadi Lurah.

Perubahan nomenklatur Desa menjadi Kalurahan ini di anggap perlu guna menguatkan provinsi DIY yang menyandang daerah keistimewaan. Adapun peran dan fungsi nya tidak berubah tetap melakukan kerja sebagaimana mana Kepala Desa.

Pada hari sebelumnya pemerintah DIY juga melakukan pelantikan dan sumpah janji untuk 18 kecamatan yang berubah namanya menjadi Kapanewon, yang berlangsung di Sewokoprojo, Wonosari, Gunungkidul.

Panewu (camat) Ngawen Slamet Winarno mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji lurah ini untuk mengawali babak baru bagi masyarakat dalam penyebutan desa menjadi Kalurahan.

“Dengan merujuk UU no 13 tahun 2012 ini maka penyebutan kepala desa tidak ada lagi, karena sudah berganti dengan Lurah, begitu pula juga dengan sebutan camat sudah tidak ada lagi karena sudah berubah menjadi Panewu,” jelas Panewu Slamet.

Slamet juga menambahkan tak hanya camat dan kepala desa saja yang berubah staf kecamatan dan staf desa pun berubah dalam penyebutannya.

“Penyebutan nama jabatan pemerintahan ini guna memperkuat keistimewaan DIY,” jelas Slamet.(WAP godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here