Temuan Sumber Mata Air Baru, Warga Bendung Bersuka Cita

0
124

godepok/Gunung Kidul. Sumber mata air baru ditemukan di tengah kemarau panjang tahun ini oleh warga desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

Hal ini di sampaikan Kepala Desa Bendung, Didik Rubiyanto saat di temui wartawan di lokasi penemuan sumur bor sumber mata air, Selasa (20/19).

“Ini anugrah yang tidak terhingga dari sang maha pencipta, Karna tanpa di sedot pompa, air menyumbul dari tanah dengan sendirinya di masa kemarau panjang seperti ini,” katanya.

Didik juga menjelaskan dibit air yang keluar 1,45 liter/detik dengan kedalaman sumur 60 meter diri permukaan tanah.

Didik menambahkan dengan di temukan sumber mata air ini kedepannya masyarakat dapat merasakan manfaat untuk pertanian.

“Saya berharap dengan mata air ini pertanian di Desa Bendung dapat di optimalkan seperti pengembangan pertanian holtikultura dan pemanfaatan yang lainnya, pemerintah desa akan membuatkan terobosan dan mengupayakan agar masyarakat Bendung khususnya dusun Widoro Lor, dusun Garotan dan dusun Pendem
Bisa berkembang maju pertaniannya,” lanjutnya.

Penemuan sumber mata air ini bermula dari keinginan Suyadi (62) dan istrinya Sutilah (50) warga dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunung Kidul yang hendak membuat sumur bor di tengah area tanah persawahan miliknya yang terletak di dusun Widoro Lor namun tanpa membutuhkan waktu lama air tanah langsung keluar dengan derasnya, hanya dengan biaya jasa bor 6 juta rupiah Suyadi sudah bisa menikmati mata air tersebut.

“Awalnya saya ngebor buat mengairi ladang saya yang ada di dusun Widoro Lor mas, setelah pengeboran dari jam 11.00 sampai jam 4 sore air sudah naik keatas mas, Alhamdulillah sampai sampai saat ini debit air tidak berkurang,” kata Suyadi.

Sementara itu kepala dusun Widoro lor Iswanto menyerahkan pengembangan atas di temukannya sumber mata air semuanya pada pemerintah desa.(WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here