Ternyata Manggis dan Jalak Kerbau Merupakan Flora dan Fauna Khas Depok

0
157

godepok-RagamKas. Kota Depok ternyata memiliki flora dan fauna khas yang menjadi identitas, hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Walikota No 660.1/30/kpts/Huk/2000 tentang penetapan flora dan fauna identitas daerah yang menyebutkan bahwa buah Manggis Depok (Garcinia mangostana kultivar Depok) dan burung Jalak Kerbau (Achridotheres javanicus) menjadi identitas flora dan fauna Kota Depok.

Kepala Seksi Tata Lingkungan dan Konservasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengatakan, pihaknya juga baru mengetahui adanya surat penetapan tersebut saat melakukan penelusuran tentang upaya menjaga kelestarian dan ke aneka ragaman hayati yang ada di Kota Depok, karena flora dan fauna yang memiliki nilai unik dan langka merupakan kekayaan alam Indonesia yang perlu lestarikan keberadaan dan kelestariannya.

“Dalam surat keputusan WaliKota tersebut, Kota Depok telah menetapkan buah manggis dan burung jalak kerbau merupakan flora dan fauna yang menjadi identitas dari Kota Depok,” ujar Rizal kepada godepok.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, setelah mengetahui adanya surat keputusan tersebut, pihaknya akan segera melakukan pembahasan dan bersurat kepada pimpinan untuk mengingatkan bahwa Kota Depok sebenarnya telah memiliki icon flora dan fauna yang menjadi identitas serta telah ditetapkan sejak tahun 2000 lalu.

Dengan adanya surat penetapan tersebut, lanjut Rizal, pihaknya berharap dapat mengingatkan kembali bahwa di Depok terdapat flora dan fauna yang menjadi ciri khas atau identitas dan sudah ditetapkan melalui surat keputusan Walikota.

“Untuk langkah selanjutnya, kami akan bersurat ke pimpinan dan melakukan sosialisasi terkait hal tersebut,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here