Tersangka Nangka Gate Belum Dicekal Imigrasi

0
45
Nur Mahmudi

godepok – Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok hingga saat ini belum melakukan pencekalan terhadap mantan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan mantan Sekda Hari Prihanto.

“Kami belum lakukan pencekalan terhadap mereka berdua,”kata Kepala Imigrasi Kelas II Depok Dadan Gunawan, Kamis (30/8).

Dia mengatakan, kantor Imigrasi kelas II Depok sampai saat ini belum menerima surat tembusan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Pusat terkair pencekalan mantan Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan mantan Sekretrais Daerah (Sekda) setempat Harry Prianto.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat tembusan dari Ditjen Imigrasi Pusat yang diajukan atau usulan pihak Polri khususnya Polres Depok yang tengah menanggani kasus korupsi mantan walikota Depok tersebut,” katanya.

Gunawan mengatakan dalam pelakukan penetapan pencekalan terhada seorang
harus ada usulan dari instansi yang memiliki kewenangan yaitu Polri khsusunya Polres Depok disampaikan ke Ditjen Imigrasi.

Lalu Ditjen Imigrasi setelah menerima usulan dimaksud akan memasukan ke dalam sistem Cekalnya yang akan dipergunakan kantor Imigrasi kelas II Depok untuk proses pencegahan dan tangkal (Cekal) kepada orang yang diusulkan tersebut.

Menurut dia, kegiatan penetapan pencekalan terhadap seseorang tidak secara otomatis dilakukan pihak kantor Imigrasi kelas II Depok namun harus melalui proses pengajuan atau usulan dari yang memiliki kewenangan penyidikan khususnya di jajaran kepolisian.

“Kami tentunya siap menerima tugas jika sudah ada surat tembusan dari Ditjen Imigrasi setelah adanya usulan pencekalan tersebut akan kita lakukan kepada mereka,”katanya.

Tim penyidik Tindak Pidana Polresta Depok menetapkan Eks Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan Jalan Nangka di Kelurahan Curug dan Sukamaju Baru, Kecamatan Cilodong

Demikian dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa (28/8) malam.

Dia mengatakan tim penyidik Polresta Depok menetapkan eks Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail sebagai tersangka terkait kasus korupsi Jalan Nangka.

“Ya yang bersangkutan telah dinaikan status ke tersangka melalui mekanisme gelar perkara dan proses penyelidikan,” katanya.

Dia mengatakan selain Nur Mahmudi, polisi juga menetapkan eks Sekda Pemkot Depok juga jadi tersangka yakni berisinial HP.(aji godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here