Terungkap Cerita Sagopa-Sagopi Desa Bendung Hanya Legenda

0
130

godepok-Gunungkidul. Terungkap, penulisan sejarah berdirinya Desa Bendung yang di lakukan dinas kebudayaan dan masyarakat Desa Bendung pada Sabtu malam (7/12/19) di balai Desa Bendung.

Kepala bidang sejarah bahasa dan sastra dinas kebudayaan Kabupaten Gunungkidul Sigit Pramudiyanto, SIP, MM kepada media menjelaskan bahwa sebelum berdirinya tata kelola pemerintahan desa di Desa Bendung, ada tiga Demang yang menjabat sebelumnya, di antaranya demang suro Widagdo yang ada pada masa Hamengku Buwono V, Demang suro Wiharjo pada masa Hamengku Buwono VII, dan Demang suro pada masa Hamengku Buwono ke VIII.

Sedangkan tata kelola pemerintahan Desa Bendung di mulai pada masa berkuasanya Sultan Hamengku Buwono VIII, dengan lurah pertama bernama Karto Wiharjo, setelah Karto Wiharjo mangkat lalu jabatan lurah di gantikan oleh saudaranya Rekso Wiharjo, dan lurah ke tiga berganti ke Hadi Yusman yang tak lain adalah cucu dari Karto Wiharjo.

Ia juga menambahkan untuk hari jadi Desa Bendung jatuh pada Jumat legi 7 Maret 1921 Masehi, atau 26 Jumadil akhir 1851 dalam penanggalan Jawa.

“Sedangkan dusun tertua di desa bendung adalah dusun Widoro, walaupun sekarang Widoro sudah menjadi dua, Widoro lor dan Widoro Kidul, dan dusun tertua setelah Widoro itu dusun Garotan, Dusun Gobeh dan Dusun Banyu Kendil,” kata Sigit.

petilasan yang sudah di temukan adalah petilasan gedong dimana dahulu tempat untuk menyimpan pusaka yang di pakai pada saat pertempuran melawan Belanda, dengan tokohnya bernama Jiwoyudo anak dari carik Ngawen, Jiwoyudo adalah pasukan khusus dari Raden Mas Said tahun 1725 -1795.

“Di desa bendung juga di temukan petilasan Watu Tedeng yang berfungsi untuk menangkal peluru yang di muntahkan oleh senapan musuh,” imbuhnya.

Sigit juga menjelaskan bahwa di Desa Bendung juga pernah terjadi pertepuran-pertempuran besar. Adapun cerita sagopa – sagopi Sigit belum dapat menemukan data yang akurat sehingga cerita sagopa – sagopi yang konon berada di dusun Widoro masuk pada katagori legenda.(WAP-godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here