Tim Pengawas Kecamatan Semin Maraton Berikan Pembekalan Panitia Pilkades

0
93

godepok/Gunungkidul – Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak Yang akan di lakukan bulan November mendatang harus bisa menghasilkan kepala desa yang berkualitas dan berintegritas, saat ini desa bukan hanya sebagai hiasan sebuah kemajuan sebuah bangsa, desa harus jadi kekuatan ekonomi, karena di era Milenial saat ini kepala desa dituntut kreatif dan inovatif.

Tim Pengawas Pilkades kecamatan yang di ketuai Camat Semin Drs.Witanto saat melakukan pembekalan panitia pelaksana Pilkades serentak mengatakan kesuksesan pelaksanaan pikades serentak ini meliputi tiga aspek di mana seluruh panitia harus memahami secara lengkap peraturan Pilkades serentak, panitia menjalani proses tahapan dengan sistematis dan panitia harus bekerja secara Tim dan selalu sinergi dengan Muspika.

“Panitia harus mengetahui aturan secara menyeluruh dan diteil, melakukan tahapan secara sistematis sehingga ada progres kerja yang terukur, panitia juga harus bekerja secara tim,” katanya.

Sementara itu Danramil Semin kapten Inf. Slamet yang turut serta dalam keanggotaan Tim Pengawas Kecamatan meminta tahapan Pilkades di laksanakan dengan seksama, aman sehingga dapat menciptakan suasana yang kondusif, di karenakan Semin adalah kecamatan yang berbatasan langsung dengan 3 kabupaten.

“Keamanan yang kondusif itu yang kita semua harapkan, karena Semin ini berbatasan dengan tiga Kabupaten sekaligus, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri sehingga upaya gangguan dari luar daerah ini yang bisa saja terjadi dan kita harus antisipasi,” katanya.

Senada Danramil, Babinkamtibmas Desa Candirejo AIPDA Suyatno mewakili Kapolsek Semin yang berhalangan hadir, mengatakan keamanan pelaksanaan Pilkades adalah koordinasi yang intensif antara panitia, pengawas dan masyarakat, sehingga kepolisian sebagai penjaga keamanan akan melakukan pengawasan secara penuh terhadap suksesnya pelaksanaan Pilkades.

“Bicara keamanan ini adalah permasalahan koordinasi yang tepat dan cepat, sehingga bila mana ada gangguan kami pihak kepolisian bisa melakukan tindakan secara cepat pula, kami pun akan memanfaatkan linmas yang sudah ada untuk pengawasan dan pengamanan jalannya pikades saat hari H, kepolisian juga akan menyiapkan keamanan saat di butuhkan, kami pun akan menempatkan personil di setiap TPS,” Suyatno mengatakan.

Pelaksanaan Pilkades serentak yang ada di kecamatan Semin ini merujuk pada Perbup no 40 tahun 2019, pelaksanaan Pilkades meliputi 4 Desa, Desa Candirejo, Desa Pundungsari, Desa Rejosari dan Desa Semin. Akan di laksanakan November tahun ini.

Adapun Tim Pengawas Kecamatan beranggotakan 7 orang diantaranya Camat Semin, Danramil, Kapolsek, Sekcam, Kasi Tata Pemerintahan (TAPEM), Staf Kasi TAPEM, dan Kasi Trantibum. (WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here