Tingkatkan Minat Baca, Diskarpus Jalin Kerjasama dengan Perpusnas

0
Wali Kota Depok, Mohammad Idris, beserta jajaran dan Kepala perpustakan nasional RI , Muhamad Syarif Bando foto bersama saat kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, di Aula Perpustakaan Kota Depok.

godepok – Budaya membaca memang harus terus menerus dicanangkan, karena dengan banyak membaca, banyak pula pengetahuan yang akan diperoleh, untuk itu,sebagai upaya meningkatkan minat baca sejak usia dini, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) menjalin kerja sama aktif dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI).

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah mengatakan, kerjasama aktif tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca kepada generasi muda sedini mungkin, dan dalam kejasama ini juga melibatkan guru sekolah PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK serta komunitas.

“Indeks membaca masyarakat Indonesia masih rendah, untuk itu perlu adanya peningkatan dalam hal minat membaca di kalangan seluruh masyarakat Indonesia, karenanya Pemerintah Kota Depok melalui Diskarpus terus berupaya untuk meningkatkan minat baca kepada generasi muda sedini mungkin,” ujarnya kepada wartawan saat kegiatan Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca di Aula Perpustakaan Kota Depok, Kamis (19/07).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat baca anak. Mulai dari keluarga, lingkungan, dan pemerintah. Peran pemerintah ini, kata Siti, terkait dengan pengadaan buku dan pemberdayaan pustakawan.

“Saat ini Pemerintah Kota Depok telah memberikan fasilitas perpustakaan umum yang dapat dinikmati seluruh warga Kota Depok. Koleksi buku yang ada kurang lebih 27 ribu judul buku, dan rencananya tahun ini akan bertambah sebanyak 5000 buku,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakan Nasional RI, Muhamad Syarif Bando menambahkan, kegemaran membaca di kalangan anak-anak nantinya akan menjadi modal besar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Oleh karena itu, fasilitas yang ada akan terus ditingkatkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Langkah kami melalui sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pustakawan, terutama mutu bacaan dan pengunjung perpustakaan di Kota Depok,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here