Tingkatkan Mutu Pelayanan, Pemkot Lakukan Pembinaan Sinergitas Kecamatan

0
Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Depok Tito Ahmad Riyadi.

godepok – Berdasarkan peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 23 Tahun 2018 tentang pedoman penilaian sinergitas kinerja Kecamatan untuk meningkatkan pelayanan publik di daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Depok kini tengah gencar melakukan pembinaan sinergitas  ke seluruh Kecamatan di Kota Depok.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Depok Tito Ahmad Riyadi mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembinaan sinergitas kinerja kecamatan tingkat Kota Depok ini berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 23 tahun 2018 tentang pedoman penilaian sinergitas kinerja kecamatan untuk meningkatkan pelayanan publik di daerah Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas aparatur Kecamatan dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya pelayanan terhadap masyarakat di wilayahnya,” ujar Tito kepada godepok.

Pembinaan tersebut, kata Tito, meliputi penguatan aspek administrasi pemerintahan guna peningkatan pelayanan publik di kecamatan dan kelurahan berupa pengenalan aplikasi sistem informasi layanan online (SILO) dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan kecamatan layak anak.

“Pada kegiatan pembinaan ini juga dihadiri oleh Walikota Depok yang memberikan arahan kepada para peserta yang hadir sekaligus memperkenalkan layanan masyarakat berupa aplikasi dengan nama Depok Single Windows dan SIGAP,” terangnya.

Untuk dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik, lanjut Tito, aparatur pemerintahan dituntut agar profesional, karena hal ini merupakan prasyaratan dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan dan kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat.

Dan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kinerja pemerintahan Kecamatan dalam meningkatkan pelayanan publik antara lain, Sarana dan prasarana,prosedur pelayanan, tingkat pengetahuan dan kemampuan pegawai dan dukungan dari setiap elemen masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 September  sampai dengan  2 Oktober 2018 mendatang di seluruh Kecamatan se Kota Depok, dan diharapkan, melalui pembinaan ini  dapat meningkatkan kapasitas aparatur Kecamatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik dan bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat guna mewujudkan Kecamatan Layak Anak,” pungkasnya.(win godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here