Tingkatkan Profesional Guru Menuju Pendidikan Abad 21

0
35
Anggota DPRD Kota Depok Rezky M Noor

godepok – Tanggal 25 Nopember yang jatuh pada Hari Mingggu ini merupakan hari Guru Nasional, dan tema hari Guru 2018 bertemakan “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21.

Anggota DPRD Kota Depok Rezky M Noor kepada wartawan mengatakan tanggal 25 Nopember merupakan hari istimewa bagi guru dari Sabang hingga Merauke.

Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat.

“Tanggal 25 Nopember merupakan hari guru dan biasanya disekolah-sekolah diperingati dengan berbagai kegiatan dan kami harap peringatan itu dimaknai bersama-sama”katanya.

Dia menambahkan di hari Guru ini
diharapkan mampu memotivasi guru untuk meningkatkatkan peran strategisnya dalam membangun sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayahnya seperti di Kota Depok.

Guru menjadi pendidik berdedikasi yang profesional dan bermartabat dalam membangun karakter bangsa menuju pendidikan abad ke-21.

Guru pada abad 21 benar-benar merupakan guru yang profesional, agar mampu menghadapi tantangan abad 21.

Untuk itu, seorang guru harus bisa menghadapi tantangan diantaranya adalah harus merubah mindsetnya, dimana mindset yang dimiliki oleh

Seorang guru haruslah berkembang. Kemudian seorang guru pun harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan di abad-21 ini.

Tak hanya itu, guru pun dituntut untuk menjadi seorang yang visioner.

Guru harus memiliki tujuan dan arah yang jelas dalam mendidik peserta didiknya saat Kegiatan Belajar Mengajar di lingkungan sekolah.

Guru juga harus bisa berkolaborasi atau bekerja sama dengan para peserta didiknya untuk belajar dan mengerjakan sesuatu.

Selanjutnya adalah bahwa seorang guru harus memiliki kecakapan yang melek terhadap informasi dan media agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih menarik.

Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan.

Peranan guru sangat penting artinya dan merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan pendidikan.

Sejalan dengan era globalisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan makin canggih, dengan peran yang makin luas maka diperlukan guru yang mempunyai karakter.

“Berawal dari proses pendidikan guru, yang nantinya kami rasa akan menghasilkan tenaga guru yang profesional dan berkarakter dan bisa menciptakan peserta didik yang baik karena mereka adalah penerus yang akan mengisi Negara Indonesia ini”katanya.(dro godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here