UI Store, Wadah Kemitraan Produk-Produk Berlogo UI

0
Pembukaan UI Store diresmikan oleh Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

godepok. Universitas Indonesia (UI) meresmikan pembukaan UI Store pada Kamis (1/2) di Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia lantai 1 kampus Depok.

Direktur Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI, Nia Ayu Ismaniati Noerhadi mengatakan, toko yang dikelola oleh Direktorat DPPU ini bertujuan untuk mengintegrasikan penjualan aneka produk resmi yang menggunakan logo dan nama UI, seperti t-shirt, jaket, mug, dan barang-barang merchandise lainnya.

Dalam menampilkan logo dan nama UI ini, para produsen atau mitra juga tidak bisa sembarangan.

Logo UI harus ditampilkan secara jelas dan benar dalam setiap penggunaannya, karena logo dan nama Universitas Indonesia adalah merek terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, dan dasar-dasar penggunaannya telah ditetapkan dalam PP Nomor 68 tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia.

Dampak hukum dari ini adalah penggunaan nama dan logo UI pun harus atas seizin pihak berwenang UI.

Disisi lain, penggunaan logo dan nama UI ini memiliki potensi pasar tersendiri, karena menimbulkan kebanggaan bagi almamater dan sivitas akademika yang menggunakan produk-produk berlogo UI.

Potensi pasar ini ditangkap oleh UI dengan membuka suatu wadah untuk mengelola dan mengembangkan produk-produk yang menggunakan logo dan nama UI, yaitu UI Store.

Selain produk –produk berlogo UI, UI Store juga menjual produk-produk hasil riset yang dihasilkan oleh dosen maupun mahasiswa UI yang memiliki nilai komersial.

“Kami UI membuka kesempatan untuk bergabung menjadi mitra resmi toko Universitas Indonesia ini dengan cara mendaftar ke tautan ui.id mitrauistore” katanya.

Diharapkan dengan adanya UI Store ini, UI dapat membantu menggerakkan perekonomian Indonesia dengan cara bermitra dengan industri dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta meningkatkan kesejahteraan sivitas akademika melalui komersialisasi riset

Selain meresmikan toko fisik, untuk mengikuti perkembangan zaman, UI Store juga menyediakan tempat penjualan daring melalui tautan www.uistore.ui.ac.id.

Untuk ini, pihak toko telah bermitra dengan start up binaan UI yang nantinya akan menjalankan kegiatan operasional toko daring serta mempromosikan UI Store melalui media sosial.(aji godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here