Upaya Pencegahan Pernikahan Dini Harus di Mulai Sejak Dini

0

godepok/Gunungkidul – Pernikahan dini yang kerap terjadi di pedesaan menjadi permasalahan perkembangan generasi penerus, Karna dari pernikahan dini ini akan timbul banyak masalah yang akan di hadapi oleh pasangan yang belum siap dalam menghadapi bahtera kehidupan.

Hal ini di sampaikan ketua program studi D III Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) Bernadeta Verawati S.SIT, M.Keb dalam pemaparan hasil risetnya yang bertempat di aula SMP Negeri 1 Semin, Jumat (06/09/19).

Bernadeta mengatakan dari hasil penelitiannya akan menjadi bentuk rekomendasi bagi sekolah dalam rangka mencegah terjadinya pernikahan dini terutama kepada wali kelas, orang tua dan juga kepala sekolah.

“Riset kami ini nantinya bisa di jadikan rekomendasi bagaimana sebaiknya sekolah, dalam hal ini wali kelas, wali murid dan kepala sekolah untuk mencegah dengan cara membentengi anak-anak dalam upaya pencegahan pernikahan dini mas,” ungkapnya.

Bernadeta juga menjelaskan risetnya ini di ambil dari seluruh SMP SE kecamatan Semin dengan melakukan wawancara mendalam dengan tiga komponen yaitu wali kelas, wali murid dan kepala sekolah, hal ini di rasa penting karna kasus pernikahan dini banyak di alami oleh anak setingkat SMP.

“Untuk penelitian kami ini berfokus pada remaja khususnya anak SMP, sehingga kami ingin menggali sebenarnya sejauh mana peran wali kelas dalam upaya menekan kasus pernikahan dini ini, terutama di Semin termasuk tinggi di tahun 2018 ada 4 kasus, walaupun di tahun 2019 tidak ada di temukan kasus pernikahan dini,” jelasnya.

Senada dengan hal itu Masruroh, S.SIT, M.Pd rekan sejawat Bernadeta dalam melakukan penelitian ini sekaligus ketua panitia diskusi dan penyuluhan ini menambahkan, dirinya akan melakukan penelitian lanjutan yang melibatkan unsur masyarakat yang lain.
Masruroh juga berharap agar akan lebih banyak lagi stackholder yang akan menjadi mitranya dalam melakukan upaya pencegahan pernikahan dini.

“Kami akan melakukan penelitian lanjutan dan mengupayakan agar lebih banyak lagi Masyarakat yang akan bermitra dengan kami dalam upaya pencegahan pernikahan dini,” imbuhnya. (WAP Kontri Gundul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here