Usia ke 18, SDIT Taman Ilmu Terus Tambah Sarana dan Prasarana

0
Ketua Yayasan Mutiara Ilmu Mamdiri Rahmat Fitrah

godepok – Di usianya ke 18 Sekolah Dasar Islam Terpadu Taman Ilmu yang berlokasi di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji harus meningkatkan mutu pendidikan dan saat ini dinilai sudah baik serta menambah sarana prasarana.

Demikian dikatakan Ketua Yayasan Mutiara Ilmu Mandiri Rahmat Fitrah saat menghadiri milad ke 18 SDIT Taman Ilmu pada Kamis (20/9).

Dia mengakatakan peningkatan mutu pendidikan sejatinya diawali dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) hingga pendidi SMA.

Rahmat menambhkan, walaupun berada di wilayah perbatasan di Kelurahan Mampang dan Tanah baru sekolahnya mendapatkan akreditasi A.

“Kami masih ingat sekolah ini butuh perjuangan dan sudah menambah sarana dan prasana serta gedung baru dan lulusan banyak di sekolah negeri bahkan sudah ada yang kuliah d ui bahkan d belanda S2,”katanya.

Siswa-siswi saat ini seharusnya lebih baik dari yang sebelummya.

Dimana siswa yang sebelumnya kurang sarana bisa meraih prestasi yang gemilang dan siswa meraih nilai akademik yang bagus.

“Di bidang non akademik siswa kami meraih prestasi sudah sampai nasional seperti dari cabang olahraga taekwondo,”katanya.

Penambahan sarana dan prasarana diharapkan bisa dibarengin dengan prestasi kualitas pendidikan baik non akademis dan akademis.

Selain pendidikan formal, mutu pendidikan nonformal juga harus ditingkatkan karena jalur pendidikan ini disediakan bagi mereka yang ingin mematangkan pendidikan sebelumnya agar mereka bisa bekerja sesuai dengan bidangnya.

Pendidikan ini untuk mengembangkan kemampuan pada peserta didik agar bisa bekerja dengan profesional nantinya. Beberapa pendidikan tersebut masih perlu ditingkatkan sehingga sekolah harus bisa meningkatkan mutu pendidikannya.

Peningkatan mutu pendidikan sejatinya diawali dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) hingga SMA.

Terdapat empat aspek yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Keempat aspek itu yakni kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran.

Menurutnya, kebijakan hal terpenting, utamanya yang berlaku secara nasional meliputi kurikulum dan ujian nasional.

Adapun yang hal kedua ialah kepemimpinan (leadership) kepala sekolah juga tak kalah penting di dalam manajemen berbasis sekolah.

Tergantung school based management, artinya leadership kepala sekolah, transparansi keuangan, hubungan ekosistem berjalan di sekolah antara guru dengan kepala sekolah, orang tua dengan guru, maupun dengan siswa dan seluruh yang ada di satuan pendidikan, ekosistemnya harus jalan.

Namun dirinya sudah mengakui mutu pendidikan yang dilakukan oleh SDIT Taman Ilmu sudah baik sehingga meraih prestasi yang gemilang.

Kepala SDIT Taman Ilmu Yuliana Susanti kepada wartawan mengatakan di tahun 2018 ini ada sekitar tujuh anak didiknya meraih prestasi di perlombaan.

Di perlombaan Olimpiade Olahraga Sains Nasional Tingkat Kecamatan Beji dicabang olahraga Taekwondo dua siswanya meraih medali.

Siswa kelas V Dhiyahul Arkhan meraih emas olahraga Taekwondo kategori U-36, dan Kemal Hibatillah Zidane meraih juara tiga di kategori 27 Kg Putra.

“Alhamdullilah di cabang olahraga dua siswa kami meraih kemenangan, cabang olahraga Taekwondo ini merupakan salah satu cabang andalan di sekolah kita dimana ada kegiatan ekskulnya”katanya.

Di cabang olahraga lainnya, siswa SDIT Taman Ilmu Alliyah Amelia meraih juara kedua di cabang olahraga sprint gawang putri di 02SN tingkat Kecamatan Beji.

Yuliana menambahkan tidak hanya prestasi yang diraih di cabang olahraga, siswanya juga meraih kemenangan di lomba Pendidikan Agama Islam atau Loketa di cabang perlombaan Cerdas Cermat juara pertama dan Hafiz Quran juara kedua.

Di kegiatan Milad ke 18 ini pihaknya memberikan santunan kepada siswa yatim dan piatu serta melaksanakan berbagai macam perlombaan baik untuk guru, siswa dan orang tua siswa SDIT Taman Ilmu.(aji godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here