Vaksin, Lansia Diutamakan

0
Seorang petugas sigap membantu lansia saat pelaksanaan vaksin

Godepok-SeputarDepok, Petugas mengutamakan warga lanjut usia untuk diutamakan mendapatkan pemberian vaksin.

“Lansia yang akan mendapatkan vaksin tidak usah antri, kami dampingi untuk mendapatkan vaksin,”kata Kepala Seksi dan Ketertiban Umum Satpol PP Beji Samsu Sadikin.

Dia mengatakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Beji mengambil peran agar vaksinasi berjalan aman dan kondusif.

Mengutamakan pelayanan kepada lansia untuk mendapatkan pelayanan. Jangan sampai saat lansia mengikuti vaksin mereka antri yang menyebabkan lansia tersebut menjadi lelah.

Satpol PP Kecamatan juga selalu hadir dalam kegiatan pengamanan, khususnya vaksinasi.

Antusiasme warga sangat tinggi. Jangan sampai pelaksanaan vaksinasi ini malah menjadi klaster baru Covid-19

Untuk itu, pihaknya menurunkan sejumlah personel dalam mengamankan jalannya vaksinasi massal. Selain itu, pelindung masyarakat (linmas) sekitar kecamatan juga dilibatkan.

Ia menjelaskan, Satpol PP mengemban banyak tugas dalam pelaksanaan vaksinasi.

Salah satunya, memastikan protokol kesehatan (protkes) dilaksanakan dengan benar dan konsisten oleh masyarakat.

“Jika ada yang kedapatan melanggar, kami tidak ingatkan dengan cara yang arogan. Namun, dengan cara yang humanis dan baik-baik,” jelasnya.

Sejauh ini, masyarakat sudah mengerti, memahami dan menerapkan protkes dengan baik.

“Terkadang ada warga yang mengantar peserta vaksinasi yang parkir di pinggir jalan. Ini kita tertibkan juga dengan cara yang baik-baik dan diarahkan ke parkiran yang sudah disediakan,”katanya.

Wali Kota Depok  Mohammad Idris menginstruksikan kepada fasilitas kesehatan (faskes) untuk proaktif melakukan upaya jemput bola kepada warga lanjut usia  (lansia).

“Ini sudah kami instruksikan Puskesmas-Puskesmas dan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk proaktif kepada lansia,”  ujarnya.

Selain itu, dirinya juga meminta pihak kelurahan setempat untuk  ikut membantu mendaftarkan warganya yang masuk katagori lansia agar bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19.  Pendaftaran dapat dilakuan melalui website baba-ias.depok.go.id.

“Jadi, masing-masing kelurahan supaya mendaftarkan warganya yang lansia. Sebab, kita tidak bisa mengandalkan lansia datang ke tempat kita dengan sendirinya, tapi kita lah yang proaktif,” jelasnya. (AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here