Warga Pondokcina Donorkan Darah

0

godepok-SeputarWarga. Warga di Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji pada Minggu (9/8) melakukan aksi sosial berupa donor darah yang dipusatkan di Kantor RW 04.

Danu Abdullah selaku Ketua Karang Taruna RW 04 Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji mengatakan pelaksanaan donor darah di wilayah Pondokcina dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun.

Terselenggaranya kegiatan sosial ini atas kerjasama antara Karang Taruna Kecamatan, Kepemudaan Binangkit, Komunitas se-Pondokcina dan Forum Kesehatan Farmasi Universitas Pancasila dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Depok dan Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela [P2D2S].

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari pamong wilayah Kecamatan Beji dan Kelembagaan serta tokoh masyarakat.

Tujuan utama aksi ini adalah sebagai wujud keperdulian dalam membantu PMI untuk meningkatkan ketersediaan stok darah dan juga membantu masyarakat untuk hidup sehat serta mengajak masyarakat untuk saling perduli kepada sesama dengan membantu mendonorkan darahnya demi kepentingan kemanusian.

Pada prakteknya, para medis melakukan check up kepada para peserta donor, dengan maksud apakah para peserta memenuhi syarat atau tidak menjadi penyumbang darah.

“Mengingat di masa pandemi Covid 19 ini, PMI tidak sembarang mengambil darah, hanya mengutamakan darah yang aman, steril dan berkualitas, yang manfaatnya darah tersebut untuk menolong masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Kegiatan sosial ini menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak serta para petugas medis mengenakan alat pelindung diri lengkap.

Dalam pelaksanaan aksi donor darah jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 64 orang dan sebanyak 49 orang yang memenuhi persyaratan medis dan sisanya 15 orang tidak melakukan transfusi darah karena faktor kesehatan dan lain sebagainya.

Donor darah adalah perbuatan sosial yang sangat mulia, dengan melakukan donor darah turut membantu dan menolong saudara-saudara yang membutuhkannya.

“Setetes darah anda dapat menyelamatkan saudara kita,” katanya.(dro godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here