Zainudin Amali Desak Kemendagri Selesaikan e-KTP

0
Zainudin Amali dan Wahyu Setiawan dalam forum legislasi di kompleks DPR RI

godepok – Jakarta. KETUA Komisi II DPR RI dari fraksi Partai Golkar, Zainudin Amali berharap Kemendagri segera menyelesaikan proses KTP elektronik (e-KTP) , karena tahapan Pemilu sudah mulai berjalan. Jangan sampai, e-KTP menjadi sumber masalah setelah Pemilu usai.

“Kemendagri harus menepati janjinya bahwa masalah e-KTP akan selesai pada Desember 2018 mendatang,” tegas politikus Golkar itu dalam acara forum legislasi di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (27/8).

Oleh karena itu, sosialiasi pemilu serentak 2019 harus terus dioptimalkan, karena pemilu 2019, pemilih harus menyoblos 5 kotak suara, yakni Presiden, DPR, DPD, DPRD I dan DPRD II. Khususnya masyarakat di pelosok daerah harus jadi target utama dari sosialisasi pemilu tersebut.

Dia berharap pelaksanaan pemilu 5 kotak tersebut tak boleh gagal, karena kegagalan satu akan menyusul kegagalan yang lain. Seperti halnya UU Pemilu No.VII tahun 2017 terkait penyatuan tiga UU pileg, pilpres dan penyelenggara pemilu, yang menjadi satu UU Pemilu.

“Selain minim informasi, juga masih banyak yang belum punya e-KTP,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Wahyu Setiawan mengatakan persoalan e-KTP masih ditemukan salah satunya di daerah Papua. Ribuan warga Papua terancam tidak bisa memilih lantaran belum memiliki e-KTP.

“Contoh di Papua, untuk melakukan perekaman itu membutuhkan biaya transportasi mahal sekali. Di Papua banyak yang belum memiliki e-KTP. Menurut saya pembuat undang-undang perlu memberikan terobosan konstitusi juga untuk menyelamatkan konstitusi warga negara itu,” pungkasnya.

E-KTP sangat penting sekali peranannya dalam menyukseskan pemilu 2019, karena hak konstitusi masyarakat dan data pemilih ada didalamnya, dengan harapan pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman dan bebas dari praktek kecurangan yang bersumber dari pendataan ganda calon pemilih.(bhimo godepok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here